Lebih lanjut, setiap pembelian produk lokal membantu memperkuat industri-industri dalam negeri, mendorong perdagangan yang adil, serta menjaga keberlanjutan ekonomi Indonesia di panggung global.
BACA: Pemprov DKI Jakarta bersama HIPPINDO Gelar JITEX 2024
Wamendag Roro berujar, Natal dan Tahun Baru adalah momen penting yang penuh makna dan
kebersamaan bagi keluarga dan masyarakat Indonesia. Diharapkan perayaan Natal dan Tahun Baru ini juga menjadi momen kebangkitan ekonomi Indonesia.
“Tahun 2024 penuh dengan tantangan dan peluang. Meskipun Indonesia telah menghadapi berbagai dinamika ekonomi, kita mampu bangkit dan menunjukkan resiliensi dengan kerja keras dan sinergi antara pemerintah, asosiasi, pelaku usaha, dan masyarakat. Kementerian Perdagangan akan terus mendukung kebijakan yang berpihak pada pengembangan usaha ritel di tanah air dan menciptaka iklim usaha yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.
Roro mengungkapkan bahwa saat ini merupakan momen yang tepat bagi merek lokal untuk bangkit dan bersaing dengan merek internasional. Melalui BINA Diskon, merek lokal diharapkan dapat lebih dikenal di dalam dan luar negeri, yang pada gilirannya akan meningkatkan daya saing dan menggerakkan industri domestik.
BACA: Produk Lokal Go Global, BNI Boyong UMKM ke CAEXPO China
“Kementerian Perdagangan juga berharap Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dapat membantu meningkatkan eksposur dan pemasaran produk lokal, terutama melalui rantai pasokan global yang dimiliki oleh anggota Hippindo. Hal ini untuk memperkenalkan produk Indonesia ke pasar internasional yang lebih luas,” ungkapnya.