URBANCITY.CO.ID – Penyelenggaraan event sport tourism akan menjadi sarana promosi yang baik bagi produk olahraga lokal. Sports tourism juga bisa menggerakkan perekonomian dengan multiplier effect yang sangat besar mencapai Rp18,8 triliun tahun 2024.
Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat Flag Off di ajang pariwisata berbasis olahraga “Alas Kedaton Fun Run 2024” di destinasi wisata Alas Kedaton, Tabanan, Bali, 8 September 2024.
“Sangat efektif (promosi produk olahraga lokal di event sports tourism) dibanding dengan kegiatan andalkan mass tourism. _Karenanya kita mengajak semua pihak untuk terus menggagas kegiatan di sini,” ujar Menparekraf Sandiaga, dikutip Urbancity.co.id, Senin, 9 September 2024.
Seperti diketahui, meningkatnya tren gaya hidup sehat di kalangan masyarakat menjadi peluang yang besar bagi produk olahraga lokal. Menparekraf Sandiaga di ajang “Alas Kedaton Fun Run” sendiri mengenakan sepatu lari lokal merek 910.
Baca Juga: Kemenparekraf Perkuat Ekosistem Kuliner Melalui FoodStartup Indonesia
Sepatu misalnya, dari Data Kementerian Perindustrian disebutkan nilai ekspor komoditas sepatu olahraga pada Januari hingga Mei 2024 tercatat sebesar 1,86 miliar dolar AS atau meningkat 1,04 persen dari periode yang sama tahun 2023.
Sandiaga menilai ajang pariwisata berbasis olahraga “Alas Kedaton Fun Run 2024” akan mampu memikat wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata Alas Kedaton, Tabanan, Bali.
Lantaran itu, Menparekraf Sandiaga mengapresiasi ajang pertama kali tersebut digelar. Dirinya berharap Alas Kedaton Fun Run 2024 dapat menarik minat partisipasi ratusan pelari dari berbagai daerah baik di Bali maupun di luar Bali.