URBANCITY.CO.ID – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI membantu pelaku usaha mikro dan menengah (UKM) asal Bogor, Rumah Tempe Azaki, menembus pasar ekspor melalui dukungan layanan digital BNIdirect.
“Kami percaya UKM Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing secara internasional. Melalui ekosistem BNI Xpora dan BNIdirect, BNI menyediakan infrastruktur keuangan yang kuat dan terpercaya bagi pelaku usaha seperti Rumah Tempe Azaki,” kata Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (30/6).
Baca juga: Perkuat Struktur Pendanaan lewat Transformasi Digital, Transaksi Digital BNI Tembus Rp764 Triliun
Rumah Tempe Azaki saat ini telah aktif mengekspor produk tempenya ke sepuluh negara, termasuk Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Amerika Serikat, hingga Arab Saudi. Singapura diproyeksikan menjadi pasar ekspor selanjutnya.
Selain menyediakan solusi transaksi, BNI juga aktif mendampingi Rumah Tempe Azaki melalui program BNI Xpora yang menjembatani UKM dengan calon pembeli luar negeri lewat business matching, promosi digital, hingga penyediaan market insight.
Saat ini, Rumah Tempe Azaki yang dikelola oleh Cucup Ruhiyat sejak 2019 telah mengoperasikan pabrik dengan luas 1.847 meter persegi dan kapasitas produksi mencapai 4,5 ton tempe per hari.
Produk andalannya mencakup tempe beku (frozen tempe) dan keripik tempe yang telah memenuhi standar internasional dengan sertifikasi FSSC 22000, HACCP, Halal, BPOM, serta penerapan GMP (Good Manufacturing Practice).