Diaspora loan ini merupakan salah satu langkah BNI dalam menggali potensi-potensi bisnis baik itu dari luar negeri ke Indonesia, maupun dari Indonesia ke luar negeri.
Seperti diketahui, saat ini sedikitnya terdapat 7 juta diaspora yang tersebar di 26 negara. Hal tersebut merupakan potensi yang besar untuk mendorong ekonomi Indonesia lebih maju. Melalui diaspora, produk-produk UMKM Indonesia bisa dipasarkan lebih luas ke berbagai negara.
Berangkat dari fakta tersebut, overseas Branches, Diaspora Channel Management and Partnership Department Head BNI Gandipa Jaya mengungkapkan BNI berkomitmen menjembatani diaspora yang tersebar di berbagai negara agar bisa ikut mengembangkan UMKM Indonesia di luar negeri.
“WNI di luar negeri salah satu kontribusi besar buat Indonesia. BNI melalui Kantor Cabang Luar Negeri telah melayani berbagai kebutuhan perbankan untuk para diaspora. Kami ingin mencoba mengkombinasikan yang sudah dimiliki Xpora dengan Go Digital,” ucapnya.
Selain itu, Gandipa melanjutkan, BNI berupaya membantu channeling para diaspora untuk mendapatkan potential buyer di luar negeri.
“Kami ingin terus berupaya proaktif untuk memfasilitasi finansial diaspora di luar negeri melalui Diaspora Loan. Fasilitas ini diharapkan dapat membantu diaspora Indonesia untuk mendapatkan pembiayaan dan membantu pengembangan bisnis mereka.”