URBANCITY.CO.ID – Peningkatan minat masyarakat berbelanja secara online didukung penuh pemerintah melalui kebijakan ekonomi yang berpihak pada UMKM dan masyarakat.
Sejak 12 tahun yang lalu misalnya, pemerintah mendukung Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) yang diinisiasi Indonesian E-Commerce Association (idEA) dan diperingati setiap 12 Desember. Inisiatif tersebut terbukti membawa ekonomi digital Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam peluncuran HARBOLNAS 2024 dengan tagline #PakaiProdukSendiri di Jakarta akhir pekan lalu, mendukung semua pihak yang terlibat dalam even yang berfokus pada UMKM dan industri dalam negeri itu, karena berdampak positif mendongkrak ekonomi digital Indonesia.
HARBOLNAS 2024 akan digelar selama 7 hari sejak tanggal 10 Desember 2024. Mengutip data NielsenIQ, Airlangga menyatakan masyarakat Indonesia makin gemar belanja. Daya beli masyarakat pun dikliamnya masih cukup baik.
Tergambar dari pertumbuhan penjualan fast moving consumer goods triwulan tiga 2024 sebesar 1,1 persen secara tahunan (yoy). Hal itu juga bisa dilacak dari penjualan barang-barang seperti gadget, produk elektronik, pulsa, dan lain-lain.
“Itu juga terjadi kenaikan. Artinya secara year on year nanti di total relatif positif dan tumbuhnya bisa mencapai 4,3 persen,” kata Menko Perekonomian seperti dikutip keterangan tertulis Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto.