URBANCITY.CO.ID – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak para pedagang UMKM terus meningkatkan jangkauan promosi dan interaksi dengan konsumen dengan berjualan secara daring. Kontribusi perdagangan daring sangat besar dalam menopang kemajuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Ajakan itu disampaikan Mendag Zulkifli Hasan dalam acara “Live Shop Tokopedia” dan “Live Shopping Bareng UMKM di kampanye Shopee 10.10 Brands Festival tahun 2024” di arena Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (10/10/2024).
Dalam kesempatan itu, Mendag turut meramaikan jalannya acara dengan berjualan daring dalam sesi live shopping. Seperti layaknya para pedagang daring, Mendag Zulkifli Hasan menawarkan berbagai produk dan merek lokal seperti pakaian dan tas di marketplace dari sejumlah stan.
BACA: Mendag Minta Pelaku Niaga Elektronik Ikut Memajukan UMKM Lokal
Aksi berjualan daring ini sebagai bentuk dukungan dan komitmen Kementerian Perdagangan dalam memajukan produk dan merek lokal yang semakin berkualitas dan kompetitif.
“Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga harus ikut berjualan secara digital melalui lokapasar. Dengan begitu, pasar untuk produk-produk mereka dapat menjangkau konsumen lebih luas dan terasa pengalaman interaktif berbelanja,” ujarnya.
Zulkifli Hasan menekankan pentingnya keterlibatan banyak pihak untuk mengembangkan produk dan merek lokal sehingga semakin memiliki nilai tambah dan daya saing. Kolaborasi menjadi faktor penting, terutama jika ingin mengangkat produk budaya daerah tertentu. Dengan pemasaran yang tepat, produk dan merek lokal yang mengangkat motif daerah pun dapat memiliki kesempatan bersaing lebih besar di pasar global.