Penjajakan bisnis juga dilakukan melalui pelayanan informasi ekonomi kreatif dengan menayangkan video promosi program pendukungan di pameran Gamescom, misalnya melalui program di media nasional, desain konten promosi masing-masing peserta, serta pembuatan konten promosi video dan media sosial.
BACA: Blackpink the Game, Kartu TapCash Spesial HUT BNI ke-78
Kehadiran industri game Indonesia di Gamescom 2024 adalah hasil kolaborasi Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Daerah Khusus Jakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia Berlin, Perwakilan Perdagangan Indonesia di Jerman, serta Asosiasi Game Indonesia (AGI).
Mardyana mengapresiasi kerja sama berbagai pihak yang telah berpartisipasi dalam keberhasilan Indonesia dalam gelaran Gamescom 2024. “Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung keikutsertaan Indonesia serta kerja sama dan antusiasme sektor game nasional untuk memamerkan kualitas gim Tanah Air kepada masyarakat Eropa melalui Gamescom 2024,” sambungnya.
Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag Merry Maryati menjelaskan, partisipasi Indonesia pada Gamescom 2024 telah berjalan lancar dan sesuai rencana. Selain raihan potensi transaksi yang cukup besar, animo pengunjung Gamescom terbilang sangat tinggi terhadap gim Indonesia.
BACA: Permudah Diaspora, BNI dan Kemlu Kolaborasikan Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri
“Indonesia kembali akan bersiap mengikuti gelaran Gamescom pada Agustus 2025 di Koelnmesse, Jerman. Beberapa pameran game internasional yang dapat dijadikan acuan lainnya adalah Gamescom Asia Singapura, Games Connection America, Busan Indie Connect, Paris Games Week, dan Tokyo Games Show,” pungkas Merry.