URBANCITY.CO.ID – KAI Group mencatat prestasi gemilang dengan melayani 11.803.522 pelanggan selama Angkutan Lebaran (Angleb) 2025/1446 H, yang berlangsung dari 21 hingga 29 Maret 2025. Capaian ini menunjukkan dedikasi KAI dalam menyediakan layanan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat saat mudik dan arus balik Lebaran.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menjelaskan, “Pada periode Angleb 2025 yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI Group menyediakan 59.129.350 tempat duduk. Dari total kapasitas tersebut, 98 persen merupakan kelas ekonomi, mencakup 2.164.488 tempat duduk KA Ekonomi Jarak Jauh dan 55.635.358 tempat duduk KA Ekonomi Lokal, termasuk layanan Commuter Line dan LRT Jabodebek.”
Dari total pelanggan, 1.659.974 di antaranya menggunakan KA Jarak Jauh dan Lokal, sementara 9.175.434 orang memilih Commuter Line. Angka ini menunjukkan lonjakan signifikan, dengan peningkatan 9,12 persen dibandingkan tahun lalu. “Rinciannya, jumlah pelanggan Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) mencapai 1.408.770 penumpang, naik 7,80 persen dari tahun sebelumnya,” tambah Anne.
Baca juga : Mudik Gratis KAI Melonjak 6 Persen
Hingga 30 Maret 2025, KAI telah menjual 3.407.630 tiket, atau 74,22 persen dari total kapasitas. Tiket KA Jarak Jauh terjual sebanyak 3.041.548 dengan tingkat okupansi mencapai 88,32 persen.
Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan, KAI mengingatkan masyarakat agar tidak membeli tiket melalui media sosial yang tidak resmi. “Kami mengimbau calon pelanggan yang belum memperoleh tiket untuk mempertimbangkan pergeseran jadwal perjalanan mudiknya,” ungkap Anne.