URBANCITY.CO.ID – Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Kemenekraf/Bekraf) menjalin kolaborasi dengan tiga asosiasi periklanan, Rabu, 5 Maret 2023, di Gedung RRI, Jakarta. Ini sebagai upaya memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.
Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya menyebut, kerja sama itu bertujuan untuk mendorong pengembangan subsektor periklanan dan meningkatkan daya saing industri.
Kolaborasi tersebut diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan tiga asosiasi periklanan, yaitu Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), Ikatan Rumah Produksi Iklan Indonesia (IRPII), dan Asosiasi Perusahaan Media Luar-Griya Indonesia (AMLI).
Dalam sambutannya, Menekraf Riefky menekankan pentingnya kerja sama ini untuk menciptakan ekosistem yang lebih baik bagi pelaku usaha dan tenaga kerja di sektor periklanan.
Baca Juga: ARTJOG 2024 Perkaya Khazanah Ekonomi Kreatif Indonesia
“Kemenekraf berharap dengan adanya MoU ini, kita dapat menciptakan perbaikan ekosistem dan perlindungan tenaga kerja, khususnya di subsektor periklanan. Dengan meningkatnya kualitas industri periklanan, pergerakan ekonomi nasional juga akan semakin baik,” ujarnya.
Riefky juga menyoroti pentingnya peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sebagai fokus utama program ini, agar industri periklanan Indonesia siap menghadapi tantangan global.
“Kami juga mengusulkan adanya program inkubasi yang mencakup seluruh proses, mulai dari kreasi hingga komersialisasi. Kami ingin memastikan bahwa platform-platform yang saat ini ada mendapatkan pendampingan agar mampu bersaing di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat,” tambahnya.