Untuk pertama kalinya, Japan Build Tokyo 2024 menghadirkan zona khusus promosi keramik lantai bertajuk ‘Tile World’. Zona ini menawarkan jasa konsultasi hingga perekrutan pemasok dari negara lain (re-sourcing), karena selama ini pasar produk lantai di Jepang didominasi produsen dari Tiongkok.
Baca juga: Kemendag: Trade Expo Indonesia 2024 Peluang Perluas Ekspor ke Pasar Global
Produk yang dipamerkan dalam Japan Build Tokyo 2024 mencakup bahan bangunan, peralatan perumahan (housing equipment), peralatan bangunan (building equipment), sistem pencahayaan (lighting systems and equipment), peralatan pintar atau aplikasi kecerdasan buatan (smart appliance and AI applications), teknologi renovasi (renovation technologies), fasilitas keamanan dan antibencana (security and antidisaster facilities), internet kontruksi (i-construction), serta teknologi gedung (real estate IT).
Pameran diikuti 600 peserta dari puluhan negara di dunia, dan dikunjungi sekitar 35 ribu pengunjung dari puluhan negara. Jepang sendiri merupakan importir bahan bangunan seperti flooring, pintu, dinding, dan pelengkap lainnya dari kayu.
Jepang menempati peringkat kedua negara importir bahan bangunan setelah Amerika Serikat (AS), disusul Jerman, Inggris, dan Swiss. Sementara Indonesia menempati posisi ke-6 sebagai negara eksportir bahan bangunan (flooring, pintu, dinding, dan pelengkap lainnya dari kayu).
Dapatkan Informasi Menarik Lainnya di GOOGLE NEWS