URBANCITY.CO.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menanantang mahasiswa seleruh Indonesia untuk membuat proyek sosial sesuai dengan implementasi Environmental, Social dan Governance (ESG) perusahaan.
Tantangan tersebt disampaikan Telkom melalui kompetisi “Innovillage” yang digelar sepanjang 2023. Hasilnya, terdapat 163 inovasi dari para mahasiswa yang diimplementasikan di 85 kabupaten/kota di tanah air.
Innovillage 2023 diikuti sebanyak 2.385 mahasiswa dengan total 818 proposal social project yang dihasilkan. Mahasiswa berasal dari 101 perguruan tinggi yang tersebar di 30 provinsi seluruh Indonesia.
Para peserta selanjutnya melewati tahapan penilaian dan Top 163 Social Project terpilih mendapatkan dana Implementasi dari Telkom Indonesia. Total pendanaan tersebut mencapai Rp3,75 miliar.
Baca Juga: Telkom Gandeng Huawei Percepat Adopsi Pemanfaatan AI Bagi Dunia Usaha
Proses implementasi social project pada tahap Top 163 pun telah dilaksanakan selama 60 hari sejak 21 Desember 2023 s.d 18 Februari 2024 lalu dengan terjun langsung ke tengah masyarakat untuk mengaplikasikan inovasi yang dirancang.
Bersamaan dengan tahapan implementasi, diadakan pula kegiatan sharing knowledge dengan mengundang sejumlah tokoh hebat dan inspiratif seperti Nicholas Saputra dan dr. Nadhira Nuraini Afifah, MPH.
Senior General Manager Community Development Center Telkom, Hery Susanto menjelaskan Innovillage merupakan komitmen pengimplementasian ESG melalui program EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia).