JAKARTADAILY. ID – Layanan QRIS di mobile banking PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, Muamalat DIN, mencatatkan pertumbuhan double digit pada kuartal pertama 2025, baik dari jumlah maupun volume transaksi.
Head of Digital Banking & Marketing Communication Dadang Rohandi mengatakan, sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, tercatat 1,2 juta transaksi QRIS di Muamalat DIN. Jumlah tersebut tumbuh 48% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 796 ribu transaksi.
“Peningkatan jumlah transaksi QRIS di Muamalat DIN menunjukkan nasabah semakin nyaman bertransaksi secara digital. Selain itu, transaksi menjadi lebih praktis, aman, serta higienis karena mengurangi penggunaan uang tunai,” ujar Dadang.
Pionir bank syariah di Indonesia ini juga mencatat, volume transaksi QRIS pada kuartal pertama 2025 mencapai Rp209 miliar atau tumbuh sekitar 91% dibandingkan kuartal pertama 2024 yang senilai Rp109 miliar. Adapun jumlah merchant mencapai lebih dari 15 ribu hingga akhir Maret 2025.
Baca juga: Buka Rekening Tabungan Jemaah Haji Semakin Mudah Melalui Muamalat DIN
“Alhamdulillah, Muamalat DIN tidak hanya mampu melayani transaksi QRIS komersial tapi juga transaksi keuangan sosial keumatan seperti untuk zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Hal tersebut sejalan dengan total benefit yang terus kami upayakan untuk dapat dirasakan oleh nasabah, baik manfaat layanan finansial maupun spiritual,” kata Dadang.
Selain itu, peningkatan transaksi di Muamalat DIN membuktikan digitalisasi yang dilakukan membuahkan hasil positif dan meningkatkan daya saing Bank Muamalat. Ada beberapa pengembangan layanan yang dilakukan tahun ini termasuk pengembangan QRIS hingga penambahan fitur di Muamalat DIN guna mewujudkan digital as a service dan memperkokoh posisi sebagai pelopor perbankan syariah di Indonesia.