URBANCITY.CO.ID – Inklusi atau perluasan akses keuangan harus selalu disertai dengan literasi keuangan. Dengan demikian masyarakat bisa lebih bijak memanfaatkan produk keuangan, dan bisa diarahkan pada hal yang produktif seperti investasi.
Karena itu dalam Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 yang dibuka akhir pekan lalu di Balikpapan, Kalimantan Timur, diadakan juga Literasi Keuangan Indonesia Terdepan (Like It).
Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK dalam rilisnya Senin (9/10/2024) menyebutkan, Like It adalah event kolaborasi OJK dengan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) dalam Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar Keuangan (FK-PPPK).
Like It bertujuan menyebarluaskan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya literasi keuangan, dan memupuk budaya berinvestasi melalui pemanfaatan produk dan layanan jasa keuangan formal.
Rangkaian acara Like It 2024 berlangsung dalam tiga seri dan diselenggarakan secara bergantian oleh anggota FK-PPPK.
Dari OJK pematerinya adalah Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi.
Fokus Like It dalam BIK 2024 yang mengambil tema ““GENCARKAN Investasi bagi Generasi Muda Menuju Indonesia Maju”, adalah kaum zoomers atau Gen Z, karena jumlahnya mendominasi populasi Indonesia, mencapai 27,94 persen dari total penduduk.
Apalagi karena lahir dan tumbuh di era digital, Gen Z juga dihadapkan dengan berbagai fenomena sosial yang dipengaruhi oleh dunia digital.