URBANCITY.CO.ID — PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menegaskan dukungannya terhadap inisiatif Kementerian BUMN dalam mengoptimalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) guna memperkuat strategi komunikasi perusahaan pelat merah.
Komitmen ini diwujudkan melalui partisipasi BNI dalam Workshop Komunikasi bertajuk “Transformasi Komunikasi Lewat AI” yang berlangsung pada 13–14 Agustus 2025 di Mikie Resort Hotel, Berastagi, Sumatera Utara. Acara tersebut diikuti 94 peserta dari kalangan praktisi komunikasi, internal ambassador, hingga pimpinan wilayah berbagai BUMN.
Baca juga: BNI wondrX 2025 Raih 80 Ribu Pengunjung, Transaksi Tembus Rp2,5 Triliun
Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menekankan bahwa pemanfaatan AI menjadi kebutuhan penting untuk menyampaikan pesan publik secara efektif. “Dengan strategi komunikasi yang lebih canggih, program-program BUMN dapat dipahami lebih jelas oleh masyarakat sekaligus memperkuat persepsi positif terhadap kontribusi BUMN di berbagai sektor,” ujar Okki.
Dalam sesi teknis, CEO Zando Agency sekaligus Co-Founder AICO Community, Tommy Teja, membagikan materi tentang pemanfaatan AI dalam menghasilkan ide kreatif, konten visual, hingga penulisan naskah. Peserta juga melakukan praktik lapangan dengan mengunjungi aset strategis BUMN, seperti Geothermal Pertamina, fasilitas Pupuk Indonesia, serta UMKM binaan Rumah BUMN di Berastagi.
Baca juga: BNI Hadirkan wondrstage di Dukuh Atas, Meriahkan Pesta Rakyat HUT ke-80 RI
Okki menambahkan, peningkatan kapasitas SDM komunikasi akan terus berlanjut sebagai program berkesinambungan. Menurutnya, AI berperan penting sebagai katalis untuk menjaga kepercayaan publik sekaligus memastikan pesan mengenai kontribusi nyata BUMN tersampaikan secara luas dan tepat sasaran.