URBANCITY.CO.ID – Memasuki usai yang ke-14, HK Realtindo (HKR), anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero), mengumumkan ekspansi bisnis ke bidang pengelolaan jasa layanan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area. Ekspansi itu sejalan dengan tagline HUT ke-14 HKR yang mengambil tema “Growth: Tumbuh ke Arah Tujuan yang Lebih Tinggi”.
Plt. Direktur Utama HKR Juni Iranto menyatakan, HKR melihat peluang meningkatkan pendapatan perusahaan melalui jasa pelayanan bagi pengguna jalan tol di 7 (tujuh) rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Yaitu, ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung (tol Terpeka) di KM 163 A, 172 B, 208 A, 277 A, 269 B, 311 A dan 306 B. Selain itu pertengahan tahun ini akan ada penambahan 2 (dua) rest area lagi. Yaitu, di KM 234 A dan 215 B, sehingga total 9 (sembilan) rest area yang akan dikelola HKR.
“Ekspansi bisnis ini merupakan langkah strategis memperluas jaringan bisnis. Apalagi, karakteristik model business-to-customer merupakan spesialisasi HKR (selama ini) melalui portofolio pengelolaan sejumlah properti seperti hotel, gedung perkantoran, dan apartemen,” kata Juni seperti dikutip keterangan tertulis HKR beberapa hari lalu. Selain ketiga jenis properti itu, HKR juga tercatat mengembangkan kawasan perumahan.
Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Sekitar Jalan Tol Trans Sumatera
Ia menambahkan, ekspansi bisnis ini diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja perusahaan, karena bertambahnya portofolio bisnis HKR sebagai pengelola kawasan. HKR siap menghadirkan standar baru dalam pengelolaan rest area dengan menghadirkan fasilitas yang bersih, nyaman, dan aman.