Selain itu ada juga pakar AI Teuku Gandawan Xasir memperkenalkan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam strategi komunikasi digital.
Dalam kesempatan tersebut, CEO Zando Agency sekaligus Co-Founder Aico Community Reynaldy Francois memandu sesi pembuatan konten berbasis AI.
Baca Juga : BNI Gandeng IKA ITS Dukung Kemajuan Pendidikan Tinggi di Indonesia
Sedangkan VP Komunikasi PLN, Grahita Muhammad, berbagi pengalaman tentang manajemen tim komunikasi yang adaptif menghadapi perubahan teknologi.
Memperkaya pengalaman lapangan, peserta workshop juga mengunjungi tiga aset strategis BUMN di Jawa Timur, yaitu Galangan Pelni Surya Surabaya, Rumah BUMN Surabaya, dan PT Petrokimia Gresik di hari kedua.
Kegiatan ini memberikan kesempatan langsung kepada peserta untuk mempraktikkan peliputan dan produksi konten, sekaligus memperkuat narasi tentang kontribusi nyata BUMN kepada masyarakat.
Okki menambahkan, melalui pendekatan transparan dan partisipatif, workshop ini membekali peserta dengan keterampilan membangun komunikasi strategis, baik secara daring maupun langsung di lapangan.
Baca Juga : BNI Perkuat Sinergi dengan Nasabah dan Pelaku Usaha Jateng Hadapi Tantangan Ekonomi Global
“Workshop ini juga menjadi bagian dari upaya mendukung visi pembangunan nasional Asta Cita, yang mengedepankan transparansi serta partisipasi masyarakat dalam pembangunan nasional,” pungkas Okki.
Dengan penguatan kapasitas komunikasi ini, BUMN diharapkan dapat menjaga kepercayaan publik dan memastikan kontribusinya benar-benar dirasakan masyarakat luas.