URBANCITY.CO.ID – Dalam langkah strategis untuk memperkuat promosi pariwisata Indonesia di Eropa dan dunia, Kementerian Pariwisata Indonesia kembali berpartisipasi dalam pameran pariwisata terbesar, Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin 2025. Acara ini akan berlangsung dari 4 hingga 6 Maret 2025 di Berlin Expo Center, Messe Berlin, Jerman.
Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri Wardhana, bersama Deputi Pemasaran Kemenpar Ni Made Ayu Marthini dan Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Berlin, Fajar Wirawan Harijo, membuka Paviliun Wonderful Indonesia pada hari pertama acara.
Dalam kesempatan ini, Widiyanti memimpin delegasi yang terdiri dari berbagai elemen pentahelix untuk menegaskan posisi Indonesia sebagai destinasi pariwisata unggulan.
Dalam pernyataannya, Widiyanti menekankan bahwa fokus Kementerian Pariwisata di ITB Berlin tahun ini adalah menawarkan pengalaman wisata yang mendalam, personal, dan autentik.
Baca Juga: Dukung Penurunan Harga Tiket Pesawat, Kemenpar Rilis Kampanye Wisata Lebaran 2025
“Wisatawan dapat terlibat dalam berbagai kegiatan yang diminati, serta berinteraksi langsung dengan budaya, komunitas, alam, dan tradisi lokal di Indonesia,” ujarnya.
Setiap tahun, ITB Berlin menjadi ajang berkumpulnya pemangku kepentingan pariwisata dari berbagai negara untuk memamerkan daya tarik wisata mereka. Tahun ini, Indonesia menghadirkan Paviliun Wonderful Indonesia dengan 88 kolaborator, termasuk Aliansi Promosi Pariwisata Indonesia (APPI) dan Marriott Bonvoy.
Menteri Widiyanti menjelaskan bahwa Paviliun Wonderful Indonesia menyoroti keindahan Sumatera Utara, yang merupakan salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata.