Saat ini, TelkomGroup memiliki lebih dari 158 juta pelanggan Telkomsel, hampir 10 juta pelanggan IndiHome, dan ribuan pelanggan dari segmen UMKM serta korporasi. Untuk mendukung kebutuhan yang meningkat, TelkomGroup telah menyiapkan infrastruktur dan alat IT yang optimal, termasuk jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado.
Baca Juga: Telkom Kembangkan Kramat Purbalingga Jadi Desa Wisata Berbasis Konservasi
Diperkirakan, trafik broadband akan melonjak hingga 20,35 Tbps, meningkat 28% dibandingkan tahun lalu. Untuk mengantisipasi lonjakan ini, TelkomGroup telah meningkatkan kapasitas jaringan menjadi 58,4 Tbps.
Nugroho, Direktur Utama Telkomsel, menambahkan, “Sebagai bagian dari TelkomGroup, Telkomsel siap mendukung penuh kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital selama Ramadan dan Idulfitri.” Ia menekankan pentingnya memberikan layanan yang andal dan promo menarik bagi pelanggan.
TelkomGroup juga telah memetakan dan mengamankan infrastruktur di 476 titik keramaian, termasuk tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan jalur mudik. Mereka telah memperkuat lebih dari 234 ribu BTS 4G dan 5G, dan pelanggan dapat menikmati layanan 5G di 56 kota di seluruh Indonesia.
Diperkirakan, trafik data akan meningkat hingga 16% dibandingkan periode sebelumnya, dengan total payload mencapai 69,14 PetaBytes pada puncak RAFI 2025. Untuk memastikan keandalan layanan, TelkomGroup telah melakukan berbagai pengujian dan monitoring secara berkala di 57 posko RAFI.
Baca Juga: Optimalkan Pengolahan Data di Era Digital, Telkom Hadirkan Solusi Inovatif BigBox AI