URBANCITY.CO.ID – Tim Project Management Colliers Indonesia menctat tempat kerja mengalami perubahan secara signifikan menuju ruang yang lebih terbuka, fleksibel, dan beragam, menyerupai kondisi sehari-hari selama dua dekade ini. Tren tersebut semakin cepat berkembang pasca-pandemi, sehingga efektivitas dan suasana ruang kerja menjadi faktor penting bagi para pengguna.
“Tempat kerja telah berkembang tidak hanya sekadar ruang fisik, telah menjadi bagian integral bagi para penggunanya. Memahami kebutuhan baik dari sisi bisnis serta sisi karyawan secara spesifik menjadi langkah awal dalam menciptakan kantor yang berkinerja tinggi,” ujar Head of Project Management Colliers Indonesia, Rahmat Daresa Alam, Jumat, 18 Oktober.
BACA: Pemilik Mal Fokus Tarik Pengunjung, Tunda Kenaikan Harga Sewa
Apa kunci untuk merancang ruang kantor agar menciptakan lingkungan yang mendukung berbagai model kerja dan meningkatkan kinerja karyawan?
Mengidentifikasi dan Mengkategorikan Ruang Kerja Menjadi Berbagai Zona
Ruang kerja dapat diidentifikasi menjadi berbagai kategori dengan menggunakan kerangka kerja space planning.
Kantor yang dirancang dengan baik, memiliki berbagai zona untuk aktivitas yang berbeda, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang mendukung berbagai model kerja.
Hal tersebut turut mempengaruhi kepuasan, fokus, kolaborasi, dan produktivitas karyawan.
Merancang ruang yang efektif turut melibatkan analisis kebutuhan organisasi yang spesifik, demografi tenaga kerja, dan faktor budaya guna menentukan variasi zona dan elemen desain yang optimal.