BACA: Ini Dia Penampakan Perkantoran Hijau Besutan Waskita
Optimalisasi Ruang Kantor
Dalam konteks optimalisasi ruang, salah satu alat yang digunakan oleh seorang Manajer Proyek adalah Space Adjacency Diagram.
Diagram ini digunakan untuk memastikan bahwa tata letak turut mendukung kebutuhan
operasional secara optimal dan meningkatkan efisiensi alur kerja secara menyeluruh.
Space Adjacency Diagram menjadi indikasi penempatan berbagai elemen serta bagaimana ruang kantor dapat dibagi menjadi beberapa zona.
Diagram dapat disesuaikan dengan berbagai skenario sesuai dengan proyek.
Setiap perusahaan memiliki keunikannya masing-masing, dan desain kantor yang seragam dilihat tidak begitu menarik dalam dunia bisnis yang dinamis seperti saat ini.
BACA: Juli Presiden Optimis Sudah Bisa Berkantor di IKN
Karyawan adalah aset terbesar perusahaan, dan produktivitas, kepuasan, serta kesejahteraan mereka secara menyeluruh terkait langsung dengan lingkungan kerja mereka. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk menggunakan pendekatan berbasis data, guna memahami kebutuhan dan preferensi karyawan serta unit bisnis.
Melakukan penelitian dan analisis mendalam seperti survei dan memeriksa bagaimana ruang digunakan saat ini, bisa menjadi sebuah program desain dan juga pedoman yang meningkatkan kolaborasi, produktivitas, dan kepuasan karyawan.
Dapatkan Informasi Menarik Lainnya di GOOGLE NEWS