URBANCITY.CO.ID – Wah, lagi-lagi medsos ramai soal token listrik yang bikin pusing. Banyak warganet curhat di X, katanya susah banget beli token pas tengah malam. Misalnya, ada @iceva***** yang cerita tokennya habis jam segitu, tapi gagal beli.
“Bangsul, token listrik abis jam segini ga bisa beli,” tulis dia, Senin (29/9/2025) pukul 00.00 WIB.
Sama aja kayak @NEVEE*****, yang juga ngomel hal serupa.
“TOKEN LISTRIK GABISA DIBELI TENGAH MALEM KAHINI PLG CEPET BISANYA JAMBER YAAAAAAAAAAAAAAA ALLAHUU MANA LG NGERENDER,” tulisnya pada Senin (4/8/2025) pukul 23.48 WIB.
Beberapa orang lain juga kena, sampe harus gelap-gelapan nunggu pagi baru bisa beli lagi. Ada yang bales di komentar, bilang baru bisa jam 00.30 WIB.
“Iyaa jam set 1 bru bisa lgi,” tulis seorang warganet.
“Gbs nunggu jam 1,” balas yang lain. Nah, beneran gitu ya? Kok bisa sih token listrik gak bisa dibeli jam segitu?
Jawaban dari PLN
Yup, bener kata mereka. Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PT PLN, Gregorius Adi Trianto, bilang iya, emang gak bisa beli token tengah malam.
Dia jelasin, ini gara-gara ada proses rekonsiliasi data transaksi harian. Jadi, dari jam 23.45 sampe 00.30 WIB, sistemnya offline sementara buat ngecek dan nyocokin data.
“Terkait kendala pelanggan yang tidak dapat membeli token listrik pada tengah malam, hal tersebut terjadi karena setiap pukul 23.45 hingga 00.30 sistem pembelian token akan offline sementara untuk proses rekonsiliasi data transaksi harian,” kata dia kepada Kompas.com, Senin (6/10/2025).
Makanya, pelanggan prabayar harus nunggu prosesnya selesai dulu baru bisa beli lagi. Proses ini dilakukan pusat, jadi ngaruh ke semua cara beli, termasuk lewat app PLN Mobile.
Kadang-kadang, prosesnya bisa lebih cepet selesai sebelum jam 00.30, lho. Biar gak kena lagi, PLN saranin beli token sebelum saldo kWh habis total. Plus, bisa atur alarm di meteran biar diingetin.
“Untuk mengatur alarm token listrik, pelanggan dapat menekan angka 456 diikuti batas kWh yang diinginkan (misalnya 45610 untuk 10 kWh), lalu tekan tombol Enter/OK,” tutur dia.
Nanti, alarmnya bunyi pas saldo udah nyampe batas yang lo tentuin. Kalo butuh info lebih, hubungi Call Center PLN di 123 atau cek app PLN Mobile aja.