URBANCITY.CO.ID – UMKM binaan Pertamina berhasil meraih transaksi Rp4,2 miliar pada The International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2024 di JCC Senayan. Perolehan ini 40 persen lebih banyak dari target yang ditetapkan, yaitu sebesar Rp 3 miliar.
VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menyebut, pendapatan tersebut diraih oleh 29 UMKM binaan Pertamina selama lima hari pameran. INACRAFT 2024 secara resmi ditutup pada Minggu, 3 Maret 2024.
Booth UMKM Pertamina mendapat respons positif dari pembeli potensial baik dalam maupun luar negeri. Melalui booth ini, UMKM binaan Pertamina sukses memperkenalkan kerajinan lokal Indonesia ke masyarakat domestik dan mancanegara.
“Tingginya antusiasme pengunjung pada booth UMKM binaan Pertamina di ajang INACRAFT 2024 terbukti dengan total penjualan yang diraih hingga mencapai Rp4,2 Milyar selama 5 hari pameran berlangsung,” ujarnya, dikutip Jakartadaily.id, Senin, 4 Maret 2024.
Baca Juga: UMKM Binaan Pertamina Incar Omzet Rp 3 M Di Inacraft 2024
Menurut Fadjar, pada Inacraft 2024 ini, Pertamina menampilkan banyak UMKM baru tapi tetap dengan kualitas produk terbaik karena telah melalui proses kurasi yang sangat ketat.
Java Kulit Indonesia, UMKM asal Kota Balikpapan salah satu peserta Inacraft 2024 binaan Pertamina dengan produk yang sukses menarik perhatian banyak pengunjung meskipun di awal-awal omsetnya kurang dari Rp1 juta.
Pemilik Java Kulit Indonesia, Gilang tidak putus asa, melainkan semakin aktif memperhatikan karakteristik pengunjung yang berbeda dari konsumen pada umumnya di Balikpapan.