URBANCITY.CO.ID – Wakil Menteri Perdagangan Dyah Roro Esti Widya Putri menyampaikan agar bandara-bandara di Indonesia dapat menjadi salah satu titik promosi produk ekspor tanah air, terutama produk UMKM.
Hal tersebut disampaikan Wamendag Roro dalam Rapat Koordinasi Optimasi Layanan Kebandarudaraan yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan (Menko Infra) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Novotel Ngurah Rai Airport, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (23/01/2025).
“Bandara memiliki posisi strategis sebagai pintu gerbang Indonesia, terutama Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dilalui banyak wisatawan dan pelaku bisnis internasional setiap tahunnya. Dengan menempatkan bandara sebagai titik promosi, produk-produk Indonesia diharapkan dapat lebih dikenal dunia yang akhirnya mendukung peningkatan ekspor,” ungkap Wamendag.
BACA: Wamendag Roro Ajak Wanita Prioritaskan Pendidikan dan Berdayakan Diri
Roro menerangkan, agar dapat menjadi etalase mempromosikan produk unggulan nasional yang baik, maka perlu didukung pula dengan infrastruktur bandara yang optimal.
“Dengan memiliki infrastruktur yang baik, bandara di Indonesia juga dapat disandingkan dengan bandara-bandara lainnya di dunia. Selain itu, dengan kerja sama yang baik, hasil yang diharapkan dapat kita petik untuk kemajuan bangsa, termasuk pertumbuhan ekspor Indonesia,” jelas dia.
Wamendag Roro mengutarakan, UMKM Bali memiliki potensi yang sangat luas dan beragam. Berbagai produk seperti keramik, perhiasan, tenun, perawatan tubuh (body care) dan aromaterapi menjadi bagian dari kekayaan produk lokal yang menjanjikan.