URBANCITY.CO.ID – Potensi pertumbuhan industri alas kaki sangat dipengaruhi sumbangsih generasi muda pelaku industri kecil dan menengah (IKM) yang berhasil mengangkat tren mode dan gaya terbaru melalui pemanfaatan teknologi terkini.
Untuk itu, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) bersama Balai Pemberdayaan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) Sidoarjo terus mendorong pengembangan industri alas kaki, terutama di level IKM.
Hal itu dibuktikan dengan sikap proaktif dalam menggaungkan kampanye #Indonesiamelangkah guna mendorong kreativitas generasi muda pelaku industri alas kaki, agar dapat berkarya mengangkat potensi lokal dan memperkuat kolaborasi.
Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita mengatakan, pihaknya memahami bahwa industri alas kaki memiliki hubungan yang erat dengan kalangan anak muda sebagai salah satu segmen pasar utama di industri ini.
“Kami berharap kegiatan Indonesia Footwear Creative Competition, yang merupakan kompetisi berskala nasional yang digelar oleh BPIPI, mampu mendongkrak perkembangan industri alas kaki di Indonesia,” katanya di Jakarta, Minggu, 20 Agustus 2023.
Indonesia Footwear Creative Competition (IFCC) merupakan kompetisi fotografi, videografi dan desain, yang karyanya dapat dimanfaatkan oleh industri alas kaki.
Kompetisi IFCC tahun ini kembali menjadi rebutan para pelaku industri kreatif di bidang alas kaki. Sebanyak 482 total karya yang masuk melalui websiteifcc.bpipi.id, dan dari ratusan karya tersebut, terpilih 28 nominasi hingga menjadi tiga besar finalis dari masing-masing kategori yaitu desain, fotografi, dan videografi.