URBANCITY.CO.ID-PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) bersama PT Kadence International merilis hasil Customer Program Research yang mengungkap prioritas dan ekspektasi masyarakat terhadap layanan asuransi, termasuk peran penting program loyalitas nasabah.
Hasil studi menunjukkan, 93% responden menempatkan keamanan dan stabilitas keuangan sebagai prioritas utama hidup. Sebanyak 55% juga menekankan pentingnya memiliki asuransi dan dana medis, termasuk dana darurat kesehatan.
Temuan menarik muncul terkait perbedaan usia. Kelompok 25–35 tahun lebih fokus menabung untuk masa depan, sedangkan kelompok 45–50 tahun lebih serius mempersiapkan dana medis, memiliki asuransi, dan mengelola tabungan untuk modal usaha.
Baca juga: Rayakan Ramadan 2025, FWD Insurance Luncurkan Kampanye Literasi Keuangan
Responden rata-rata memiliki enam produk keuangan, dengan asuransi masuk lima besar bersama tabungan, pembayaran digital, pembayaran fisik, dan BPJS. Sebanyak 82% responden mengaku memahami konsep dasar asuransi, termasuk perbedaannya dengan tabungan.
Faktor eksternal seperti cerita dari keluarga atau teman menjadi penhttps://urbancity.co.id/wp-content/uploads/2019/10/Post-1.pngg utama pembelian asuransi, diikuti informasi dari media sosial dan influencer. Studi ini juga mengungkap bahwa 93% pemilik asuransi puas dengan program loyalitas, dan bagi calon nasabah, program tersebut berpengaruh besar terhadap keputusan membeli polis.
Rudy F. Manik, Chief Human Resources & Marketing Officer FWD Insurance, menegaskan, “Belum ada formula pasti menjaga loyalitas nasabah. Studi ini membantu kami merancang program yang relevan, mempertahankan keterlibatan nasabah, dan menarik calon pengguna baru.”